SELAMAT DATANG DI BLOG POETRA MARHAEN

Friday, September 4, 2009

PROFIL LMND

Gerakan mahasiswa mei 98 yang membuat tersungkur soeharto menghembuskan angin perubahan di tanah air. Selama 32 tahun lebih pemerintah orde baru yang selain anti kritik juga dikenal menjadi urutan kedua negara yang birokrasinya sarat dngan praktek KKN setelah Cina. Kelahiran orde Baru juga tidak terlepas dari darah jutaan manusia yang belum tentu berdosa. Pembantaian buruh, tani, dan orang yang berjuangdalam organisasi guna mempartahankan hak-haknya.

Sejarah peristiwa GESTAPU Soeharetomtampil seolah-olah pahlawan yang menyelamatkan negara ini dari bahaya kehancuran. Tapi selama pemerintahannya Soeharto yang didukung oleh kekuatan militer dan partai Golkar sebagai mesin politiknya, kembali menghianati rakyat. Kemiskinanyang katanya dapat ditanggulangi dengan pembangunan berkelanjutan dibiayai melalui utang-utang luar negri dan ppengeksploitasian kekayaan dearah-daerah. Cara ini juga yang melahirkan mental-mental korup dipemerintah.

Dasar tersebutlah yang mengakibatkan bergeraknya mahasiswa dan rakyat Indonesia untuk menurunkan soeharto dari kursi kekuasaannya. Pada waktu itu banyak komite-komite aksi. KAMMI, FAMRED, FORKOT, SMID, dan lembaga formal kampus lainnya termasuk keluarga Serikat Mahasiswa Makassar (1997),AMPED(Aliansi mahasiswa prodemokrasi) setelah soeharto tumbang ternyata gerakan mahasiswa tertipu siasat busuk sisa-sisa Orde Baru. Jartuh nya soeharto tidak dengan serta merta menghancurkan mesin politiknya. Sisa=sisa orba inilah yang sampai harini mash bercokol diIndonesia dan membuat intrik-intrikplitik guna kembali menduduki kekuasaan dan membungkam demokrasi.

Perpecahan ditubuh mahasiswa sangat terlihat pada saat Habibie diangkart sebagai presiden. Sebahagian mahasiswa lalu menyadari bahwa reformasi total hanya akan tuntas dengan dihancurkannya mesin-mesin politik ORBA sebagaimana sejarah perubahan disetiap negara bahwa syarat demokrasi sejati adalah penghancuran kekuatan-kekuatan lama.

Gerakan mahasiswa 1998 ternyata mempunyai kelemahan, yaitu tergantung momen, dan tidak adanya kesatuan gerak karena tidak adanya koordinasi pada tingkat nasional. Menyadari hal itu sebagian organisasi mahasiswa yang tetap konsisten segera melakukan “KONFRENSI” yang diselenggarakan dibali pada tanggal 12 agustus 1998 kemidian melanjutkan di Bogor dan menyepakati pembanguna organisasi Mahsiswa progresif tingkat nasional. Nama yang disepakati adalah LIGA MAHASISWA NASIONAL untuk DEMOKRASI ( LMND ) yang tujuannya memperjuangkan demokrasi dan mengawal agenda reformasi sampai tuntas.

LMND yang sebelumnya terdiri dari 14 organisasi mahasiswa dalam perkembangannya setelak KONGRES I dijakarta bertambah menjadi 32 organ di dua puluh tiga proponsi dan Serikat Mahasiswa Makassar (SMM) menyatakan bergabung kedalam liga pada tanggal 07 januari 1999 barulah setelah kongres II yang dilaksanakan dilampung, Nama orgamisasi seperti SMM-LMND Dll.total merubah dirinya menjadi LMND Makassar.

Sebagai organisasi maju LIGA MAHASISWANASIONAL untuk DEMOKRASI memegang teguh prinsip-prinsip revolusioner.
1. Kepemimpinan dan Kepoloporan
Sebagai organisasi maju, prisip kepeloporan dalam memperjuangkan problem pokok mahasiswa-rakyat adalah keharusan. Sedangkan syarat seorang pemimpin sejati, itu terlahir dari massa dan senantiasa belajar bersama massa, sebab pemimpin yang dilahirkan dan di besarkan oleh massa-lah yang dekat dengan massa rakyat tertindas

2. Setia Di Garis Massa
Bergaris massa artinya, hidup dan berjuang bersama massa. Bahayanya bila organisasi terisolasi dari massa yaitu umur dan perjuangannya organisasi berusia pendek. Garis massa jugalah yang membuktikan konsistensinya kita menyangkut problem-problem pokok yang tentunya dilakukan secara bersama-sama dengan massamahasiswa dan rakyat.
3. Sendem (Sebtralisme Demokrasi)
Prinsip sendem merupakan kepemimpinan pusat yang berlandaskan demokrasi. Artinya membangun organisasi dalam system komando. Demokrasi dalam organisasi, bahwa organ terendah ikut terlibat aktif dengan tetap melihat kondisi obyektif massa. Dan keputusan organisasi berdasarkan suara terbanyak dan kesepakatan bersama secara ilmiah


Program Perjuangan LMND

 Pendidikan Gratis ilmiah dan demokratis untuk rakyat.
 Kesehatan gratis dan berkualitas untuk rakyat.
 Nasionalisasi industri pertambangan asing
 Penghapuasan Utang Luar Negeri
 Perlindungan hukum bagi pekerja sektor informal
 Penarikan obligaasi rekapitulasi perbankan
 Pembubaran komando teritorial TNI
 Pembukaan lapangan kerja melalui industrialisasi nasional
 Penyitaan harta koruptor terutama Soeharto dan kroninya
 Upah minimum nasional sesuai kehidupanlayak.


Mendung di tanah demokrasi tidak akan menjadi sinar terang benderang selama sisa-sisa orde baru, militerisme, kapitalisme dan feodalisme masih bercokol di negeri ini.

KIBARKAN TRI PANJI PERSATUAN RAKYAT:
Nasionalisasi Industri Pertambangan Asing,
Hapus Utang Luar Negeri
Bangun Industri Nasional Untuk Kesejahteraan Rakyat !!!

1 comment: